CATAT! Dari Tol Jakarta – Keluar Gringsing, Via Pantura Masuk Kaliwungu Exit Tol Ngaliyan Semarang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG — Fungsionalisasi jalan tol ruas Brebes-Gringsing akan dilakukan mulai H-10 Lebaran mendatang. Saat ini proses pengecoran jalan rata-rata di atas 60 persen, ketika fungsionalisasi sekitar 2,5 pekan ke depan ditargetkan sudah selesai dan bisa dilalui.

“Diharapkan pada H-10 sudah fungsional, ruasnya dari Pejagan sampai Gringsing, itu pasti, ini masih diselesaikan beberapa pekerjaan, kalau ini bisa cepat minggu depan sudah selesai,” kata Kepala Dinas Perkerjaan Umum, Bina Marga, dan Tata Ruang, Provinsi Jawa Tengah, Bambang Nugroho, Senin (29/5/2017).

Ia mengatakan, fungsionalisasi jalan tol ruas Brebes-Gringsing itu masih satu arah. Penggunaannya pun seluruhnya belum bisa dilalui dalam 24 jam, karena belum semua terdapat lampu penerangan.

“Ini masih diatur oleh polisi, mungkin di tempat tertentu bisa 24 jam,” katanya.

Yang terpenting, lanjutnya, saat ini yang terpenting adalah dari aspek pengamanannya. Selain perlu ada rambu-rambu penunjuk arah, juga masih perlu banyak pemasangan penerangan jalan sebab ketika waktu malam kondisi jalan di ruas tol ini masih gelap.

Bambang mengatakan, pengecoran sementara jalan tol untuk Lebaran, hingga kini sudah mencapai 60 persen. Pengecoran diperkirakan cepat selesai, karena ketebalannya hanya 10 sentimeter. Rencananya, fungsionalisasinya hanya untuk kendaraan kecil.

“Hanya untuk kendaraan kecil, karena ketebalan cornya hanya 10 sentimeter,” ujarnya.

Untuk jalan tol ruas Gringsing-Kendal belum bisa fungsionalisasi, karena masih terkendala pembebasan lahan.

Nantinya pemudik harus keluar di pintu tol Gringsing, kemudian harus melewati jalan Pantura selanjutnya bisa masuk jalan tol lagi ketika sampai di Kaliwungu hingga Ngaliyan Semarang.

Sedangkan untuk jalur alternatif yang melintasi di jalan-jalan provinsi, Bambang memastikan seluruhnya sudah dalam kondisi siap. Bahkan ia menegaskan, kondisinya siap sejak H-30 Lebaran.

“Kalau jalur alternatif H-30 sudah tuntas semua dan layak. Cuma untuk lebih sempurnanya akan ada pembuatan marka jalan dan pengecatan median, rambu, dan exit ke arah tol,” katanya.

 

(Sumber : Tribun News)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *